Harga Toyota Solo Oktober 2018 Jaminan Harga Terbaik Tahun ini Big Deal Toyota All Type Nego dirumah anda sampei DEAL!!
Menu
Model
Beranda » TIPS & TRICK » Teknologi Rem ABS Pada Mobil Toyota

Teknologi Rem ABS Pada Mobil Toyota

Dipublish pada 13 Juni 2018 | Dilihat sebanyak 180 kali | Kategori: TIPS & TRICK

Keselamatan dalam berkendara menjadi salah satu hal yang sangat penting diperhatikan dalam membeli sebuah mobil baru. Toyota sebagai market leader di Indonesia sangat memperhatikan hal tersebut. Salah satu poin keselamatan dalam mobil ada di system pengereman.  Hampir semua mobil baru Toyota yang dijual di Indonesia sudah dilengkapi dengan ABS. Apa itu ABS?

anti-lock braking system (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.

Sistem ini diadopsi dari teknologi serupa di pesawat terbang. ABS bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Hal ini tentu sangat berbahaya terutama di jalan licin dan kelokan. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal , lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Kelebihan dari ABS (antilock braking system) adalah pengereman dapat dilakukan lebih cepat daripada sistem biasa yang terdapat pada mobil, dan lebih stabil apabila terjadi pengereman mendadak namun tidak membuat mobil kehilangan pengendalian sebesar 5-30% dibandingkan dengan pengereman standar yang terdapat di mobil yang umumnya menggunakan dua buah rem cakram dan dua buah tromol tekanan gas yang diatur oleh pabrik.

Cara Kerja Rem ABS pada Mobil Toyota

Rangkaian kerja sistem rem abs yakni sensor kecepatan akan selalu membaca kecepatan mobi di setiap waktu yang lalu akan mengirimkan data kecepatan pada komponen kontroler. Komponen tersebut akan bekerja selama 5 detik saat mobil melakukan pengereman (berhenti) pada kecepatan 100km per jam. Yang artinya jika pengemudi melakukan pengereman normal, fitur abs tidak akan melakukan penguncian pada roda mobil. Namun berbeda jika pengemudi melakukan pengereman mendadak maka sudah pasti roda akan terkunci dan untuk waktu yang diperlukan kurang lebih 1 detik.

Kecepatan pengereman 1 detik tersebut dikarenakan komponen kontroler sudah di seting atau diprogram untuk melakukan pengereman dengan maksimal. Dan sebelum roda terkunci, komponen kontroler ini akan mendapatkan data dari sensor kecepatan yang secara otomatis akan memberikan perintah katup supaya menghalangi tekanan. Yang mana untuk kerjanya dengan cara mengambil katup pada posisi kedua ataupun posisi katup 3 sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh kontroler. Dan pada saat putaran roda terdeteksi oleh komponen sensor maka secara otomatis kontroler akan mengambil posisi satu.

Dari melihat penjelasan Cara Kerja Pengereman Teknologi ABS ini bisa disimpulkan bahwa teknologi abs ini memiliki kinerja yang sangat cepat hanya dalam hitungan 1 detik saja. Setelah mengetahui cara kerja pengeraman abs, pertanyaannya apakah menggunakan abs sama halnya dengan pengereman non abs? Dengan tegas tidak, menggunakan rem abs ada caranya sendiri. Berikut ini Cara Menggunakan Rem ABS Yang Benar Pada Mobil yang bisa dilakukan.

Cara Menggunakan Rem ABS Yang Benar

Ulasan artikel Cara Menggunakan Rem ABS Yang Benar Pada Mobil kami buat karena termotivasi dari rasa keperihatinan kami melihat banyak orang melakukan pengereman abs yang salah. Cara menggunakan rem abs yang salah yakni dengan pulse braking atau mengocok rem, seharusnya untuk langkah pengereman terhadap mobil yang sudah menggunakan sistem pengereman abs dengan menginjak pedal rem dengan kuat dan cepat, lalu ditahan pedal tersebut supaya mobil berhenti. Ya memang saat pada menginjak pedal secara kuat, si pengemudi akan merasakan getaran pada pedal, hal tersebut merupakan sebuah kewajaran.

Namun untuk mereka yang masih kurang tahu dengan cara menggunakan rem abs yang benar saat pada menginjak pedal rem dan mengalami getaran tidak sedikit juga orang yang melepaskan pedal rem tersebut karena kaget merasakan getaran pada rem. Dan kondisi inilah yang sering kali menyebabkan kendaraan karena mobil terus meluncur tidak semestinya berhenti. Oleh karena itu bagi pengemudi yang merasa mobilnya sudah menggunakan teknologi rem abs sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan rem abs dengan benar.

Kelebihan Rem ABS

Hasil dari pengembangan teknologi pengereman dari sistem pengereman sebelumnya, tentunya rem abs ini memiliki kelebihan dari fitur pengereman sebelumnya. Terus apa saja kelebihan pengereman abs ini, salah satunya membuat membuat roda tidak langsung mengunci dan berhenti seketika apabila pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Kekurangan Rem ABS

Kemudian untuk kekurangan rem abs sendiri yaitu pada saat melaju pada jalanan yang tidak bagus alias tidak rata maka pengeremannya tidak akan maksimal, jadi untuk sobat yang merasa mempunyai mobil dengan pengereman abs sebaiknya lebih waspada lagi. Dan kekurangan pengereman abs selanjutnya yang paling dirasakan yaitu para freestyler yang bisa melakukan atraksi dengan pengereman mengunci ban.

Facebook Comments

Bagikan informasi tentang Teknologi Rem ABS Pada Mobil Toyota kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Menarik Lainnya

Toyota Rush Generasi Terbaru sudah bisa dipesan!

Dipublish pada 8 November 2017 | Dilihat sebanyak 283 kali | Kategori: BERITA & PROMO

Toyota Rush Generasi Terbaru sudah bisa dipesan! – Toyota Rush generasi terbaru ternyata sudah bisa dipesan.  di sebuah dealer Toyota di kawasan Tangerang Selatan, salah seorang Wiraniaga-nya tak menampik cikal bakal Rush model baru ini siap meluncur dan sudah bisa... selengkapnya

Menanti Kehadiran All New Kijang Innova Di Solo

Dipublish pada 12 Oktober 2015 | Dilihat sebanyak 331 kali | Kategori: BERITA & PROMO

Toyota Solo -Siapa yang tidak kenal dengan Toyota All New Kijang Innova Solo? Mobil serbaguna dari Toyota yang satu ini mempunyai sejarah yang cukup panjang di Indonesia.  merupakan generasi ke-5 dari MPV (Multi Purpose Vehicle)Toyota Kijang yang diproduksi mulai tahun... selengkapnya

Harga Toyota Solo November 2017

Dipublish pada 31 Oktober 2017 | Dilihat sebanyak 366 kali | Kategori: BERITA & PROMO

Harga Toyota Solo November 2017. Bulan November adalah waktu yang pas untuk membeli mobil baru, kenapa demikian?? Menjelang akhir tahun, Nasmoco solo raya, nasmoco slamet riyadi memberikan jaminan harga dan promo terbaik di tahun 2017 ini. Untuk itu mari kita simak... selengkapnya

javaversion1

Lokasi Dealer Toyota Solo

Pengunjung Toyota Solo